FAQ - Penerbitan Polis

Berikut ini adalah hal-hal seputar asuransi dan produk-produk Jiwasraya yang sering ditanyakan dengan jawaban yang mungkin akan berguna untuk anda.

Q: Bagaimana kalau Polis saya hilang ?
A:

Pengajuan Duplikat polis dapat diajukan dengan cara mengisi formulir pengajuan duplikat polis dan melampirkan surat pernyataan Polis hilang dan juga membayar biaya duplikat polis.

Q: Bagaimana menjaga agar polis tetap berlaku ?
A:

Caranya dengan membayar premi tepat waktu (pada saat jatuh tempo).

Q: Bagaimana jika Polis saya lapse ?
A:

Jika Polis menjadi lapse, maka  artinya :

  • Proteksi Asuransi atas polis tersebut sudah tidak berlaku lagi
  • Pengajukan klaim akan ditolak, karena Jiwasraya tidak berkewajiban untuk membayar klaim tersebut
  • Masa contestable akan diperhitungkan kembali dari awal
  • Akan dikenakan pemeriksaan medis ulang (karena usia bertambah), dan biaya medis menjadi beban nasabah.
Q: Karena keterlambatan pembayaran maka polis saya lapse, apakah saya dapat mengaktifkan kembali polis tersebut ?
A:

Polis dapat diaktifkan kembali dalam kurun waktu 24 bulan sejak polis lapse, dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Mengisi Formulir Pengajuan Pemulihan Polis
  • Membayar premi tertunggak
  • Melakukan pemeriksaan medis (jika diperlukan)
Q: Bagaimana jika polis saya menjadi tidak aktif? Apakah premi yang telah saya setorkan sebelumnya dapat kembali ?
A:

Premi yang sudah disetorkan sebelumnya tidak dapat ditarik kembali karena telah digunakan untuk perlindungan asuransi jiwa polis nasabah selama polis masih aktif dan tidak ada nilai investasi yang dapat diterima.

Untuk Polis yang sudah tidak aktif, maka premi tidak dapat dikembalikan.

Q: Siapa yang berhak menerima manfaat asuransi jika tertanggung meninggal ?
A:

Kepada pihak yang ditunjuk (beneficiary) seperti yang tertera/tercantum dalam polis dan atau perubahan-perubahannya.

Q: Apakah pihak yang ditunjuk (beneficiary) dapat diganti ?
A:

Dapat, setelah disetujui oleh penanggung

Q: Bisakah saya mengganti Pemegang Polis dalam Polis saya dengan orang lain? Jika bisa bagaimana caranya ?
A:

Bisa selama pemegang polis yang baru masih ada hubungan Insurable Interest dengan Tertanggung memenuhi ketentuan seleksi resiko.  Untuk produk pendidikan diperlukan pengisian Form perubahan Polis Financial , form payor benefit. Sedangkan untuk produk selain produk pendidikan diperlukan pengisian Form perubahan polis non Financial.